Posisi Tidur Ibu Hamil yang Benar Berdasarkan Usia Kehamilan

Tak jarang ibu hamil mengalami kondisi yang sulit dalam masa kehamilannya, terutama berkaitan dengan posisi tidur. Gangguan tersebut dirasakan dari posisi tidur ibu hamil 2 bulan, 4 bulan 8 bulan hinggga 9 bulan. Beberapa gangguan seperti punggung sakit, kelelahan, sakit perut, pusing dan lain sebagainya. Berbagai hal tersebut juga dapat dipicu oleh tekanan dan kecemasan yang dirasakan.
https://www.senyumbunda.com/asi-dan-ibu-bekerja/

https://www.senyumbunda.com/cara-menyimpan-asi-perah/

https://www.senyumbunda.com/tips-sukses-memompa-asi/

https://www.senyumbunda.com/jus-sehat-ibu-hamil/

https://www.senyumbunda.com/cara-menghindari-bayi-sungsang-penting-diterapkan-bagi-ibu-yang-ingin-melahirkan-normal/

https://www.senyumbunda.com/manfaat-kacang-untuk-ibu-hamil-serta-sayuran-lainnya/

https://www.senyumbunda.com/ambeien-pada-wanita-hamil/

https://www.senyumbunda.com/penyebab-ketuban-pecah/

https://www.senyumbunda.com/ibu-hamil-bebas-torch/

https://www.senyumbunda.com/cegah-masalah-menyusui-asi/

https://www.senyumbunda.com/asi-makanan-terbaik-untuk-bayi/

https://www.senyumbunda.com/bayi-rilex-dengan-pijat-bayi/

https://www.senyumbunda.com/ambeien-pada-wanita-hamil/

https://www.senyumbunda.com/penyebab-ketuban-pecah/
Berikut Posisi Tidur Ibu Hamil 2 Bulan, 4 Bulan, 8 Bulan hingga 9 Bulan yang Baik dan Benar

1. Posisi Tidur Ibu Hamil 2 Bulan

Pada masa awal kehamilan biasanya para ibu merasa gelisah dan berat dalam menjalaninya, apalagi bagi yang pertama kali. Berbagai posisi tidur dirasakan kurang nyaman. Seperti gangguan tidur saat malam sehingga mereka lebih sering tidur siang hari. Hal ini dipicu karena meningkatnya hormon progesteron. Selain itu juga sering merasa pusing dan mual serta kondisi perut yang tidak nyaman.

Posisi tidur ibu hamil 2 bulan dengan miring kiri membentuk tubuh seperti huruf S bisa dicoba pada saat awal kehamilan. Posisi tersebut dapat membuat tubuh lebih rileks, nyaman, melancarkan aliran darah dari vena ke jantung dan mengatasi kelelahan berlebih. Selain itu disarankan untuk memilih kasur dengan jenis pegas yang lembut agar badan tidak kaku setelah bangun tidur.

2. Posisi Tidur Ibu Hamil 4 Bulan

Pada masa ini kandungan telah menunjukkan perkembangan janin yang pesat. Beberapa gangguan yang dialami pada masa kehamilan sebelumnya sudah berkurang bahkan tidak muncul kembali. Ibu hamil bisa menempatkan beberapa bantal lembut untuk menyangga tubuh agar tetap nyaman. Seperti meletakkan dibagian kepala, punggung hingga kaki.

Masih sama dengan posisi tidur hamil pada bulan kedua, posisi tidur ibu hamil 4 bulan juga disarankan untuk miring ke kiri. Posisi tersebut sangat nyaman dan janin pun dapat bergerak leluasa. Pasokan oksigen serta nutrisi menuju plasenta dapat mengalir lancar. Jangan mengambil posisi terlentang karena dapat menghambat pasokan oksigen dan membuat lelah punggung ibu hamil.

3. Posisi Tidur Ibu Hamil 8 Bulan

Gangguan pada masa ini dipengaruhi oleh kondisi perut ibu hamil yang semakin membesar. Selain itu beberapa gangguan lain seperti kram tangan dan kaki, gangguan pernapasan, sakit punggung, perut mulas akan lebih sering dialami. Kondisi bayi yang semakin membesar dengan gerakan yang lebih aktif dan kuat memicu permasalahan tersebut.posisi tidur ibu hamil yang benar menurut medis

Posisi tidur ibu hamil pada bulan ini masih sama dengan bulan-bulan sebelumnya yakni miring ke kiri. Posisi janin saat ibu tidur miring kiri akan lebih leluasa bergerak dan asupan nutrisi dan oksigen akan berjalan lancar. Ibu juga bisa menggunakan alas bantal pada punggung agar tidak terlalu lelah. Posisi tidur tersebut dapat membuat berbagai gangguan yang muncul berkurang.

4. Posisi Tidur Ibu Hamil 9 Bulan

Posisi tidur ibu hamil 9 bulan yang baik yakni tetap miring ke kiri seperti pada bulan sebelumnya. Apabila dirasa lelah dan pegal ada baiknya agar ditumpu dengan bantal lembut. Hindari banyak minum air putih pada malam hari karena akan memicu lebih sering buang air kecil ke kamar mandi Ada baiknya konsumsilah dengan cukup saat siang hari agar tidak mengganggu waktu tidur.

Pada bulan ini para ibu hamil akan mengalami gangguan tidur yang lebih tinggi. Ibu hamil mengalami kondisi cemas yang lebih dan sulit tidur menuju waktu melahirkan. Namun dengan semakin dekatnya waktu persalinan, jalanilah dengan keadaan hati positif dan bahagia untuk menyambut kehadiran bayi yang akan lahir di dunia. Baca juga: Gerakan Senam Hamil Pada Usia Hamil Tua

Taguchi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.